Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 13, No 1 (2013): JASSI Anakku: Volume 13, Issue 1, 2013

Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Sederhana Pada Siswa Tunarungu

Hamidah, Ida (Unknown)
Somad, Permanarian (Unknown)
Sunaryo, Sunaryo (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini mempelajari penggunaan metode demonstrasi sebagai metode pembelajaran pada pelajaran bahasa Indonesia untuk membantu meningkatkan kemampuan anak tunarungu dalam menulis kalimat sederhana secara terstruktur berdasarkan yang dilihatnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil tes baik pada intervensi maupun baseline-2. Data dari hasil penelitian yang telah dilakukan, pada baseline-1 (A-1) persentase subjek sebesar 43,75%, pada fase intervensi (B) sebesar 100%, dan pada baseline-2 (A-2) sebesar 93,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana anak tunarungu kelas D3 di SLB. Hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi guru-guru SLB dalam memberikan pembelajaran bahasa Indonesia pada aspek menulis dengan menggunakan metode demonstrasi.Kata Kunci: Tunarungu, Metode Demonstrasi, Menulis Kalimat Sederhana

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...