Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 20, No 1 (2020): JASSI Anakku: Volume 20, Issue 1, 2020

PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENULIS BAGI ANAK DENGAN AUTISME NON-VERBAL

Santoso, Yoga Budhi (Unknown)
Astuti, Eka Yuli (Unknown)
Siregar, Ernie C. (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2020

Abstract

Menulis menjadi salah satu keterampilan yang diperlukan dalam proses pembelajaran. Penelitian mengenai pembelajaran menulis bagi anak autisme non-verbal masih sangat sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rancangan strategi pembelajaran menulis bagi anak dengan autisme non-verbal. Partisipan dalam penelitian ini melibatkan seorang anak laki-laki dengan autisme non-verbal berumur 7 tahun dan dua orang guru. Kajian literatur menjadi kerangka dasar penyusunan strategi ini, yang kemudian diujicobakan pada seorang anak dengan autisme non-verbal. Hasil uji coba menunjukkan bahwa dengan pembelajaran yang terstuktur, memecah keterampilan menjadi lebih kecil, menggunakan media visual, dan menggunakan teknologi dapat membantu anak autis non-verbal yang menjadi partisipan dapat menulis 8 kata melalui strategi tersebut.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...