Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 11, No 1 (2011): JASSI Anakku: Volume 11, Issue 1, 2011

Penerapan Teknik Jarimatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tunanetra dalam Pembelajaran Matematika

Juhanaini, Juhanaini (Unknown)
Sidiq, Zulkifli (Unknown)
Sutisna, Nia (Unknown)
Homdijah, Oom Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini mempelajari aktivitas dan hasil belajar siswa dalam perkalian bilangan cacah dengan menggunakan teknik jarimatika di kelas II (dua) SDLB SLBN A Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian mcnunjukkan bahwa penggunaan teknik jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam perkalian bilangan cacah maupun aktivitas belajarnya. Dalam aktivitas belajar, siswa tampak lebih antusias, sungguh-sungguh, dan penuh perhatian. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik jarimatika dalam pembelajaran Matematika dapat secara efektif meningkatkan proses dan hasil belajarnya.Kata kuncl: aktivitas, hasil belajar, jarimatika

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...