Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 17, No 2 (2017): JASSI Anakku: Volume 17, Issue 2, 2017

EGRANG BATOK UNTUK MELATIH KETERAMPILAN MOTORIK KASAR SISWA TUNANETRA

Andrian, Indra Lutfi (Unknown)
Ehan, Ehan (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media permainan tradisional egrang batok terhadap peningkatan keterampilan motorik kasar siswa tunanetra di SLBN-A Citeureup. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan Single Subject Research dengan desain penelitian A-B-A Subjek penelitian ini adalah satu orang siswa tunanetra kelas 6 SDLB berinisial MH yang mengalami hambatan pada motorik kasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan tes praktik dimana penilaiannya berdasarkan instrumen. Instrumen yang dibuat berupa instrument gerak berjalan dan keseimbangan. Analisis data yang digunakan yaitu dengan statistik deskriptif. Media yang digunakan dalam penelitian ini berupa egrang batok. Egrang batok merupakan salah satu permainan tradisional yang ada di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan mean level kemampuan awal MH pada tahap baseline-1 (A-1) sebesar 26,67% kemudian pada tahap intervensi (B) mean level kemampuan MH mengalami peningkatan menjadi 58,86% dan besarnya mean level MH pada tahap baseline-2 (A-2) menjadi 71,33%. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa terjadi peningkatan kemampuan motorik kasar MH.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...