Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 10, No 2 (2010): JASSI Anakku: Volume 10, Issue 2, 2010

Profil Perkembangan Moral Siswa Tunarungu

Utami, Yuni T. (Unknown)
Rusyani, Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2016

Abstract

Ketunarunguan dapat berdampak luas pada berbagai aspek perkembangan, termasuk aspek perkembangan moral. Penelitian dilakukan melalui telaah kasus terhadap tiga orang siswa tunarungu yang berusia 1-3 sd. 15 tahun, yaitu MR, SD, dan NR. Hasil penelitian mcnunjukkan bahwa subjek MR mampu hidup menurut harapan keluarga dan komunitasnya, mampu bertindak dengan cara-cara yang baik, mampu menaati peraturan-peraturan yang ditetapkan di lingkungan sekolah, mampu menghonnati otoritas, dan mampu melakukan kewajiban-kewajiban sebagai seorang pribadi yang baik, sedangkan subjek SD dan NR perkembangan moralnya walaupun telah berada tingkat moralitas konvensional tetapi belum mencapai perkembangan moral tahap empat.Kata kunci: perkembangan moral, tunarungu

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...