Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 10, No 1 (2010): JASSI Anakku: Volume 10, Issue 1, 2010

Pembelajaran Menulis dengan Pendekatan Menulis Proses bagi Siswa Tunarungu

Purbaningrum, Endang (Unknown)
Yuliyati, Yuliyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2016

Abstract

Menulis merupakan keterampilan akademik dan alat komunikasi yang signifikan bagi siswa tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menulis dengan pendekatan proses, terutama dalam keterampilan menyusun kalimat, paragraf, dan dalam mendeskripsikan hal-hal yang konkrit secara spontan. Penelitian dilakukan melalui studi eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretest - posttest. Sampel penelitian adalah 20 siswa kelas tinggi di SLB Karya Mulia Surabaya. Hasil evaluasi normalitas menunjukkan bahwa kondisi kelompok perlakuan dan kelompok kontrol homogen dengan p = 0.200. Hasil uji t sampel bebas, menunjukkan bahwa antara kelompok perlakuan dan dengan kelompok kontrol terdapat perbedaan yang bermakna, baik dalam kemampuan menyusun kalimat, menyusun paragaraf maupun dalam kemampuan menulis spontan deskripsi benda konkret. Hal ini menunjukkan bahwa intervensi pembelajaran menulis dengan pendekatan proses lebih besar pengaruhnya pada peningkatan performansi siswa tunarungu dibandingkan pembelajaran menulis transisional yangditerapkan guru.Katakunci: Pembelajaran menulis, menulis proses, tunarungu

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...