Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh implementasi Kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Lambu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis inferensial menggunakan regresijenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah mahasiswa kelas A semester IV (empat) yang menempuh mata kuliah Kakubukuteks IPS yang berjumlah 27 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang di linear sederhana. Populasi penelitian ini 222 siswa kelas XI. Sampel penelitian adalah 45 responden. Adapun metode yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa kuesioner dan dokumen hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam implementasi Kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji parsial (uji t) diperoleh t hitung (2,234)> t tabel (2,017) dengan nilai signifikansi 0,031.
Copyrights © 2018