Guru adalah pendidik yang mengajarkan pengetahuannya kepada peserta didik. Guru memiliki peran penting dalam membangun pendidikan kearah yang lebih baik. Sebagaimana yang terdapat dalam PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang kompetensi guru yakni: a) kompetensi pedagogis; b) kompetensi kepribadian; c) kompetensi profesional, dan d) kompetensi sosial. Guru dan siswa merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, dalam arti guru mengajar (memberikan pengajaran) kemudian siswa belajar (menerima pengajaran). Ini berimplikasi pada tindakan nyata dari seorang guru untuk mendidik siswanya. Proses belajar mengajar antara guru dan siswa merupakan hal penting dalam aspek pendidikan, sehingga akan terwujud suasana belajar yang dinamis. Peran guru dalam proses pengajaran yang salah satunya memberi motivasi terhadap siswa. Motivasi ini dalam rangka menumbuhkan kepercayaan diri siswa dalam menerima pelajaran. Motivasi berimplikasi pada kemajuan siswa dalam menerima pelajaran dari guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang berusaha menganalisis aktivitas guru dalam memotivasi belajar siswa di SMPN 2 Wera Kabupaten Bima. Data yang digunakan dalam penelitian ini; data primer. Data primer adalah data yang diperoleh peneliti melalui wawancara. Sumber data dalam penelitian ini guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Teknik analisis data; reduksi data, display data, dan verifikasi data/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru sebagai motivator yakni guru hendaknya dapat mendorong siswa agar bergairah dan aktif belajar. Dalam upaya memberikan motivasi, guru dapat menganalisis motif-motif yang melatarbelakangi siswa malas belajar dan menurun prestasinya di sekolah. Setiap saat guru harus bertindak sebagai motivator, karena dalam interaksi edukatif tidak mustahil ada diantara siswa yang malas belajar dan sebagainya. Motivasi dapat efektif bila dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan siswa. Guru dapat memanipulasi empat kondisi umum dikelas yaitu siswa diberi tugas, menanggapi tugas-tugas siswa, hubungan guru dan siswa dan hadiah terstruktur yang diperkenalkan.
Copyrights © 2018