Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 2 (2021): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

The MODEL SIMAS ERIC BERBASIS ASSESSMENT FOR LEARNING DAN SELF-CONFIDENCE: DAMPAKNYA DAN INTERAKSI TERHADAP PEMECAHAN MASALAH

Istiqomah Istiqomah (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Netriwati Netriwati (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Fredi Ganda Putra (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SIMAS ERIC berbasis Assessment for Learning terhadap pemecahan masalah matematis yang ditinjau dari kepercayaan diri peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes pemecahan masalah dan kepercayaan diri . Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji Anova Dua Jalur. Hasil Berdasarkan penelitian, diperoleh bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SIMAS ERIC berbasis Assessment for Learningterhadap kemampuan memecahkan masalah matematis peserta didik pada materi Himpunan. Tidak terdapat pengaruh kepercayaan diri terhadap pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi Himpunan. Tidak terdapat interaksi antara perlakuan model pembelajaran SIMAS ERIC berbasis Assessment for Learning dengan kategori self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi Himpunan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...