Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh mindset dan metakognisi terhadap hasil belajar siswa baik secara simultan maupun parsial.Metode penelitian yang digunakan adalah ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Barombong tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 298 siswa dan sampel penelitian sebanyak 61 siswa yang diperoleh dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) mindset siswa kelas berada pada kategori sedang dengan persentase 36,7 %, metakognisi berada pada kategori sedang dengan persentase 36,06% dan hasil belajar matematika berada pada kategori sedang dengan persentase 27,87% (2) mindset dan metakognisi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Barombong dilihat dari dari nilai sig. 0.00 < 0,05 dan memberi pengaruh sebesar 48,5% terhadap hasil belajar siswa dan sisanya sebesar 51,5 % dipengaruhi oleh faktor lain. (3) Mindset secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dilihat dari nilai sig. 0.012 < 0,05 dengan memberi kontribusi sebesar 16,4%. (3) Metakognisi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dilihat dari nilai sig. 0.00 < 0,05 dan memberi kontribusi sebesar 32,1%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021