ABSTRAK Membaca merupakan keahlian yang diajarkan dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Tujuan pembelajaran membaca adalah menjadikan siswa mampu untuk memahami teks yang mereka baca. Siswa mampu memahami dan mengambil informasi dari teks yang dibaca, bahkan bisa meningkatkan pengetahuan dan kosakata siswa. Ada banyak strategi pengajaran yang bisa digunakan oleh guru untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca. Dalam makalah ini, penulis mambahas bagaimana pengajaran reading melalui penggabungkan dua strategi, yaitu; Very Important point dan Two Column Note Taking. Ada dua langkah yang dilakukan dalam strategi Very Important Point dan Two Column Note Taking. Very Important Point yaitu menganalisa isi bacaan seperti ide pokok, kalimat pendukung, dan poin-poin penting dalam teks, kemudian membuat catatan-catatan kecil pada potongan kertas yang kecil lalu ditempel pada bagian penting dalam teks. Two Column Note Taking dimana siswa membuat dua kolom yang terdiri dari, yaitu: kolom kiri merupakan ide utama dari teks dan dikolom kanan merupakan kalimat pendukung dari ide utama atau informasi yang berhubungan. Dari informasi yang siswa dapatkan tersebut, siswa membuat sebuah kesimpulan. Dengan demikian, penggabungan strategy Very Important Point dan Two Column Note Taking sangat membantu siswa Sekolah Menengah Pertama dalam mempelajari dan memahami teks yang mereka baca.
Copyrights © 2014