Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Wisuda Ke 48 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahas Inggris

Teaching Reading Comprehension By combining Give One Get One Strategies And Request Strategy at Junior High School

Novita, Nova (Unknown)
PS, S.Pd, Rahayu Wulaning (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

ABSTRAKMembaca adalah proses pemikiran dalam menetapkan symbol – symbol untuk mengungkapkan ide, fikiran dan perasaan. Hal ini sangat penting guna mendapatkan informasi dan pengetahuan. Namun, kebanyakan dari siswa mengalami kesulitan dalam memahami sebuah teks. Hal ini disebabkan oleh, kurangnya kemampuan dasar membaca ( Basic Reading Skill ), kurangnya pengetahuan tentang latar kosa kata yang mereka miliki ( Vocabulary ), Kurangnya Pengetahuan tentang latar belakang topic yang mereka baca ( background of Topic ) dan ketidak mampuan siswa tentang struktur dari organisasi teks. Oleh karena itu, di perlukan sebuah strategi atau metode untuk membantu siswa dalam mengatasi masalah tersebut. Salah satu diantaranya adalah strategi membaca yang menggunakan give one get one strategy and request starategy.Strategy give one get one adalah strategi yang dapat membantu siswa berbagi informasi di dalam sebuah teks dan memperoleh informasi yang sama dalam sebuah teks.Request strategy adalah sebuah startegi yang membantu siswa untuk kreatif bertanya tentang teks yang di baca sesuai pemahaman mereka tentang teks tersebut. Melalui penggabungan dua strategi ini siswa tidak hanya menerima apa yang tertulis dalam teks, namun mampu menginterprestasikan sesuai dengan pengetahuan mereka. Hal ini dapat menjadi alternatif bagi guru – guru bahasa inggris untuk mengembangkan kreativitas mereka dalam mengajar dan dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam belajar bahas inggris. Prosedur yang digunakan pada strategi ini adalah guru membagi siswa menjadi 4 atau 5 kelompok kemudian mereka disuruh berbagi ide – ide atau informasi dan pertanyaan sesuai dengan teks yang diberikan. Penulis berharap agar makalah ini dapat berguna bagi para guru bahasa ingirs sebagai salah satu alternative strategy yang diterapkan dalam pengajaran membaca

Copyrights © 2014