ABSTRAK Membaca merupakan proses untuk memahami teks dan memahami ide yang terdapat dalam teks. Dalam proses belajar, membaca adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa. Dengan membaca yang diiringi pemahaman, dapat membuat siswa menambah ilmu pengetahuan, menambah kosa kata baru, dan memperoleh informasi sebanyak mungkin. Oleh karena itu, membaca merupakan salah satu skill yang penting dipelajari. Sejalan dengan pentingnya belajar membaca, seorang guru harus tahu bagaimana membuat pembelajaran membaca menjadi menyenangkan dan menarik. Salah satunya dengan menerapkan strategi yang cocok dan membuat siswa tertarik dengan pembelajaran membaca. Strategi tersebut adalah penggabungan strategi Picture Walk dengan POSSE. Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana pengajaran reading melalui penggabungan strategi Picture Walk dan strategi POSSE. Ada beberapa langkah yang digunakan dalam penggabungan dua strategi ini secara garis besar, strategi yang pertama adalah strategi Picture Walk yang membuat siswa menganalisa awal apa informasi yang ada di dalam gambar atau teks yang mereka baca. Strategi ini lebih mengedepankan pada aktifitas siswa dalam mendapatkan informasi yang diperoleh dari sumber bacaan. Strategi yang kedua adalah POSSE yang membuat siswa mampu memprediksikan, mengelompokkan, mencari, meringkas dan mengevaluasi apa yang mereka analisa di dalam Picture Walk. Perpaduan dua strategi ini sangat membantu perkembangan siswa untuk mendapatkan informasi tentang sebuah teks dan siswa juga termotifasi dalam memahami sebuah teks, dengan strategi ini juga bisa menimbulkan kreativitas dan motivasi siswa dalam mencari dan memprediksi dalam membaca. Penulis juga mengharapkan agar penggabungan strategi-strategi ini bisa menjadi panduan bagi guru dalam mengajar membaca.Â
Copyrights © 2014