ABSTRAK Makalah ini mendiskusikan satu dari beberapa strategi dalam pengajaran bahasa Inggris yang dapat dipraktekan guru di dalam kelas. Strategi ini digunakan untuk mengajarkan membaca (reading) terutama kepada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Selain itu, makalah ini juga dimaksudkan sebagai masukan bagi guru-guru Bahasa Inggris dalam melaksanakan pengajaran reading. Dalam makalah ini, penulis membahas tentang bagaimana cara mengkombinasikan strategi Three Minute Pause dan Clink and Clunk  dalam pengajaran reading.Three Minute Pause dan Clink and Clunk  Strategi adalah strategi yang dikombinasikan, yang digunakan guru untuk membimbing siswa membaca dengan mengidentifikasikan (menganalisa) menemukan poin penting yang terdapat pada setiap teks, sehingga siswa lebih mudah memahami sebuah bacaan. Dalam strategi ini, guru menyediakan beberapa gambar untuk membantu siswa mememukan makna dari kata atau pun kalimat kunci dalam sebuah bacaan. Selain itu, strategi ini juga membantun siswa membuat prediksi awal yang mungkin akan dipikirkan siswa sebelum membaca, untuk mengenalkan gambaran umum dari bacaan. Guru memandu siswa untuk mengidentifikasi bagian yang dianggap sulit dan kemudian didiskusikan. Setelah itu, siswa akan di pandu oleh guru untuk memperoleh informasi dari teks dengan mengidentifikasi kalimat topik. Kemudian, siswa harus menemukan ide dari paragraf pertama sampai paragraf akhir untuk mengetahui gambaran umum dari keseluruhan teks.Â
Copyrights © 2014