Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Wisuda Ke 48 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahas Inggris

TEACHING READING BY USING GET THE GIST AND PROBABLE PASSAGE STRATEGIES FOR STUDENTS AT JUNIOR HIGH SCHOOL

Roza, Suryani (Unknown)
Ikhsan, M.Khairi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

ABSTRAKJurnal ini di tulis berdasarkan permasalahan yang penulis temukan di lapangan. Banyak dari siswa mengalami kesulitan dalam memahami isi dari teks yang siswa baca. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan dasar membaca, kosa kata, pengetahuan tentang latar belakang topic yang mereka baca, dan ketidak pahaman siswa tentang struktur organisasi dalam teks. Untuk mengatasi permasalahan yang sama kedepannya, penulis menawarkan dua strategi yang bisa membantu siswa dalam memahami sebuah teks yaitu dengan mengkombinasikan Get the Gist and Probable Passage Strategies. Get the Gist adalah strategi dimana siswa memahami isi sebuah teks dengan cara mengidentifikasi berdasarkan struktur organisasi di dalam teks. Sedangkan Probable Passage adalah strategi dimana siswa menggunakan prediksi dan kata kunci dalam memahami sebuah teks. Mereka akan berdiskusi dalam sebuah kelompok.Tujuan strategi ini adalah supaya siswa lebih mudah dalam memahami isi dari teks yang mereka baca dan menjadikan siswa untuk lebih kritis dalam berfikir. Untuk harapan kedapannya, penulis berharap semoga dengan menggunakan strategi ini siswa lebih mudah memahami sebuah teks dalam membaca serta meningkatkan motivasi siswa dalam membaca.

Copyrights © 2014