Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Wisuda Ke 48 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahas Inggris

TEACHING READING BY COMBINING INTERACTIVE READING GUIDES AND THREE – MINUTE PAUSE STRATEGIES FOR JUNIOR HIGH SCHOOL

Tanjung, Meizi Sri (Unknown)
, S.S, M.Pd, Sesmiyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

ABSTRAK Membaca adalah kegiatan meresepsi, menganalisa dan menginterpretasi yang dilakukan oleh siswa  di dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membaca siswa dapat  menambah informasi dan memperkaya ilmu pengetahuan. Dalam  makalah ini penulis membahas bagaimana mengajarkan membaca (reading) dengan menggabungkan dua strategi yaitu interactive reading guides strategy and three – minute pause strategy. Dalam aplikasinya, guru menggunakan interactive reading guides strategy. Strategi ini diawali dengan meninjau teks yang akan dibaca terlebih dahulu untuk dipahami dan siswa dibagi dalam beberapa kelompok dilanjutkan dengan membaca teks oleh individu dalam kelompok mereka dan menyuruh siswa untuk mensintesis informasi dari pertanyaan dalam bentuk ringkasan. Dan disini akan jelas terlihat mana siswa yang bisa memahami teks dengan baik mana yang tidak mengerti dari pemahaman teks yang dibaca tadi. Kemudian strategy yang kedua yaitu three – minute pause strategy, disini   siswa diminta untuk mengidentifikasi konsep secara terminology dan pertanyaan yang berhubungan dengan teks. Dengan diterapkan strategi ini  diharapkan mampu memberi masukan yang efektif bagi guru untuk mengajar Bahasa Inggris dalam mengetahui kemampuan siswanya dan khususnya bagi siswa dalam memahami suatu bacaan.

Copyrights © 2014