Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Wisuda Ke 48 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahas Inggris

INCREASING STUDENT VOCABULARY BY COMBINING PAVE (PREDICTION-ASSOCIATION-VERIFICATION-EVALUATION) AND SUPER WORD WEB STRATEGY AT ELEMENTARY SCHOOL GRADE SIX

Mashayuni, Atsuko (Unknown)
Agusni, Agusni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

ABSTRAK            Vocabulary adalah salah satu komponen bahasa yang harus dipelajari oleh siswa karena menguasai vocabulary siswa akan bisa menguasai empat skill dalam Bahasa Inggris yaitu listening, speaking, reading dan writing. Oleh karena itu, guru harus bisa menemukan strategy yang menarik dalam proses belajar mengajar sehingga membuat  siswa senang dan tertarik untuk belajar Bahasa Inggris.            Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana mengajarkan vocabulary dengan penggabungan dua strategy yaitu PAVE dan Super Word Web strategy. Pave Strategy adalah salah satu strategy yang digunakan untuk mengajar vocabulary yang menekankan siswa pada pemahaman kosa kata, siswa akan dilibatkan secara langsung untuk mencari makna sebuah kata dengan bantuan kamus dan konteks teks. Super Word Web strategy adalah salah satu strategy yang juga melibatkan siswa secara langsung dalam kegiatan pembelajaran, dimana guru memberikan satu kalimat dengan memusatkan siswa pada satu kosa kata untuk dikembangkan atau mencari persamaan katanya. Dengan demikian siswa akan lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran dan mudah mengingat kosa kata dengan tidak hanya terfokus pada satu kata.

Copyrights © 2014