Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Wisuda Ke 48 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahas Inggris

AN ANALYSIS OF READING MATERIAL AT SMAN 3 SOLOK SELATAN

Padori, Agus (Unknown)
Lili, Perpisa (Unknown)
Hardewiyani, Titik (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

ABSTRAK Materi merupakan satu dari komponen pembelajaran yang menempati posisi yang paling utama, karna tanpa   materi   aktifitas   pembelajaran  tidak   akan   bisa   dilaksanakan.  Dalam  pemilihan  materi pembelajaran ada beberapa prinsip yang harus   diikuti oleh   guru seperti relevansi, konsistensi dan sufisiensi. Kategori prinsip ini hendaknya terdapat dalam materi pembelajaran,. Skripsi ini ditulis bertujuan untuk menganalisa materi yang dipilih oleh guru khususnya materi reading. Selain itu skripsi ini juga dimaksudkan sebagai masukan bagi guru-guru, dosen dan juga mahasiswa pendidikan Bahasa Inggris dalam pemilihan materi pelajaran khususnya pada materi reading.Jenis penelitian ini adalah penelitian dalam bentuk deskriptif kualitatif.. Dalam penelitian ini peneliti memilih materi kelas X (Sepuluh) yaitu tentang deskriptif teks, recount teks dan naratif teks.  Berdasarkan data yang didapat selama penelitian, peneliti menyimpulkan materi deskriptif dan recount yang relevansi , konsistensi dan safisiensi dengan kharateristik reading material. sedangkan untuk teks naratif belum sesuai dengan ketiga poin relevansi, konsistensi dan safisiensi dari reading material.  

Copyrights © 2014