ABSTRAK Dalam penulisan makalah ini, penulis akan mendiskusikan salah satu dari empat keterampilan berbahasa, yakni keterampilan menulis. Menulis merupakan suatu keterampilan yang harus dikuasai oleh setiap siswa karena dengan menulis dapat menyalurkan dan menyampaikan wawasan dan ilmu pengetahuan kepada orang lain melalui teks. Tetapi kenyataannya di lapangan masih ditemukan kesulitan siswa dalam menulis teks yang benar. Dalam makalah ini penulis membahas dua strategi yang dikombinasikan untuk membantu siswa dalam menulis yaitu strategi Flower dan Capitalization Overall Appearance Punctuation Spelling (COPS).Strategi ini mudah untuk diterapkan. Dimulai dengan siswa memilih topic yang menarik dan sesuai yang nantinya akan dikembangkan menjadi sebuah teks. Dalam menyusun kalimat siswa menggunakan diagram yang ada di dalam strategi ini dalam menyusun sebuah teks yang benar. Setelah itu siswa dibantu dalam mengoreksi kesalahan-kesalahan yang biasa terjadi dalam menulis seperti penggunaan huruf besar, kerapian, tanda baca, dan ejaan. Adapun kelebihan strategi ini adalah siswa akan memiliki kemampuan untuk memerintahkan dirinya sendiri dengan berdasarkan pertanyaan yang menjadi acuan utama dalam menulis sebuah teks yang benar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014