Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Wisuda Ke 48 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahas Inggris

TEACHING READING COMPREHENSION BY USING COMBINATION OF “GUIDED READING PROCEDURE” (GRP) STRATEGY AND “GENERATING INTERACTION BETWEEN SCHEMATA AND TEXT” (GIST) STRATEGY AT JUNIOR HIGH SCHOOL

Dasna Riza, Nori (Unknown)
S.S., M.Pd, Siska, (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

 ABSTRAKMembaca merupakan salah satu keahlian yang penting dalam pembelajaran bahasa Inggris yang harus diajarkan oleh seorang guru kepada siswanya. Dalam mengajarkan membaca, guru harus bisa membuat siswanya mengerti akan apa yang dibacanya, tidak hanya mengerti tapi juga harus bisa memahami informasi, menggingat kembali dan juga mampu membuat kesimpulan dari teks bacaan tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut, guru harus punya strategi untuk membuat siswanya mengerti dengan apa yang diajarkan, sehingga siswanya mengerti, tertarik, memahami dan dapat menyimpulkan apa yang mereka baca. Strategi tersebut adalah “GRP” strategi dan “GIST” strategi. Strategi ini diajarkan supaya siswa mampu untuk mengingat kembali informasi penting dalam sebuah teks, dan kemudian mereka membuat kesimpulan tersendiri dengan kata-kata mereka dengan 20 kata atau lebih. Ini bertujuan supaya siswa cepat memahami apa yang mereka baca dan mendapatkan inti dari bacaan tersebut. Strategi ini menggunakan narrative text sebagai bahan bacaan untuk siswa. Jadi dengan menggabungkan dua strategi tersebut, siswa akan tertarik dalam belajar membaca dan cepat memahami inti dari teks yang mereka baca. 

Copyrights © 2014