ABSTRAK Membaca adalah salah satu keahlian yang harus dikuasai, namun banyak dari siswa mengalami kesulitan dalam memahami sebuah teks. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan dasar membaca, kosa kata, pengetahuan tentang latar belakang topik yang mereka baca dan ketidak pahaman siswa tentang struktur organisasi dalam teks. Salah satu strategy yang dapat digunakan untuk membantu siswa mengatasi kesulitan itu adalah dengan mengkombinasikan DRTA (Direct Reading Thinking Activity) Strategy with Sketch to Stretch Strategy. Dalam strategy ini, siswa diminta untuk memprediksi sebuah teks untuk mengetahui bagaimana akhir dari cerita tersebut. Konsep dari kedua strategi ini adalah guru membimbing siswa dalam mengembangkan ide untuk menemukan informasi didalam teks. Setelah mereka paham dengan teks yang di berikan, mereka  membuat sketsa berdasarkan apa yang mereka ketahui dari teks tersebut. Di akhir kegiatan siswa menjelaskan kembali kedepan kelas berdasarkan sketsa yang mereka buat atau mereka pelajari.Â
Copyrights © 2014