ABSTRAKProses belajar mengajar di dalam bahasa inggris diperlukan adanya suatu strategi pengajaran yang tepat dan efektif. Pengajaran yang tepat dan efektif sangat membantu siswa untuk lebih meningkatkan kemampuan mereka di dalam belajar bahasa Inggris.Makalah ini ditulis yang bertujuan untuk membantu mengatasi salah satu dari sekian banyak permasalahan yang ada dalam pengajaran membaca pada sekolah menengah atas (SMA). Selain itu, makalah ini juga dimaksudkan sebagai masukan bagi guru bahasa Inggris dalam melaksanakan pengajaran membaca sehingga siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar membaca khususnya narrative text. Mengajar membaca dapat memotivasi siswa untuk memahami teks dengan benar, maka dengan membaca siswa dapat mengembangkan ide-ide tersebut. Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengatasi salah satu permasalahan yang ada dari pelajaran membaca pada sekolah menengah atas (SMA). Dalam makalah ini penulis menjelaskan kombinasi strategi dalam pembelajaran bahasa inggris yaitu Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dan Say something. Directed Reading Thinking Activity (DRTA) adalah sebuah strategi yang mengaktifkan siswa dalam memprediksi tentang teks, dan memotivasi siswa untuk ingin membaca teks dan membantu mereka fokus pada ide utama ketika mereka membaca. Say Something adalah strategi pengajaran yang didefinisikan semacam diskusi, dengan contoh memprediksi dan pertukaran ide antara siswa dengan guru atau siswa dengan siswa sehingga menjadi pembelajaran aktif untuk reliasasi yang telah ditentukan tujuan pembelajaran. Kombinasi kedua strategi sangat efektif dalam pengajaran membaca, terutama dalam memahami teks narrative karena strategi ini dapat meningkatkan ide-ide yang baru pada siswa dalam memahami sebuah teks.
Copyrights © 2014