ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan untuk menemukan informasi penting dalam suatu teks bahasa inggris, hal itu berakibat pada rendahnya hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII SMPN 1 Dua Koto Pasaman. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan Kemampuan Membaca dengan menggunakan strategi 3-2-1 dan strategi Question Answer Relationship (QAR). Melalui penelitian eksperimen pada siswa kelas VIII  SMPN 1 Dua Koto Pasaman Tahun Pelajaran 2013/2014. Rancangan penelitian adalah pretestâpostest dan bentuk tes yang digunakan adalah pilihan ganda berjumlah 50 butir soal dengan memiliki validitas isi.Hasil belajar siswa diolah dengan uji t menggunakan data postes siswa dengan indikator mengidentifikasi jenis teks. Analisis dilakukan dengan uji t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji t diperoleh thitung = 2.63 > ttabel = 2.00, artinya hipotesis diterima pada tingkat kepercayaan 95%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca siswa dengan penerapan strategi 3-2-1 lebih baik dibanding kemampuan membaca siswa dengan menerapkan strategi QAR pada kelas VIII SMPN 1 Dua Koto Pasaman  Tahun Pelajaran 2013/2014.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014