Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Wisuda Ke 48 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahas Inggris

A COMPARATIVE STUDY BETWEEN 3-2-1 AND QUESTION ANSWER RELATIONSHIP STRATEGIES IN TEACHING READING COMPREHENSION (A Study at VIII Grade Students of SMP N 1 Dua Koto Pasaman)

Saleh, Rahmat (Unknown)
Yelfiza, M.Pd, Dra. (Unknown)
, M.Pd, Suharni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan untuk menemukan informasi penting dalam suatu teks bahasa inggris, hal itu berakibat pada rendahnya hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas VIII SMPN 1 Dua Koto Pasaman. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan Kemampuan Membaca dengan menggunakan strategi 3-2-1 dan strategi Question Answer Relationship (QAR). Melalui penelitian eksperimen pada siswa kelas VIII  SMPN 1 Dua Koto Pasaman Tahun Pelajaran 2013/2014. Rancangan penelitian adalah pretest–postest dan bentuk tes yang digunakan adalah pilihan ganda berjumlah 50 butir soal dengan memiliki validitas isi.Hasil belajar siswa diolah dengan uji t menggunakan data postes siswa dengan indikator mengidentifikasi jenis teks. Analisis dilakukan dengan uji t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji t diperoleh thitung = 2.63 > ttabel = 2.00, artinya hipotesis diterima pada tingkat kepercayaan 95%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca siswa dengan penerapan strategi 3-2-1 lebih baik dibanding kemampuan membaca siswa dengan menerapkan strategi QAR pada kelas VIII SMPN 1 Dua Koto Pasaman  Tahun Pelajaran 2013/2014.

Copyrights © 2014