Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Wisuda Ke 48 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahas Inggris

Alicia, M.Pd

Sari, Widia Novita (Unknown)
Alicia, M.Pd, Dona (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2014

Abstract

ABSTRAK Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan aplikasi  Strategi Concept Sort yang digabungkan atau dikombinasikan dengan Strategi Choral Reading dalam mengajarkan pemahaman membaca yang berhubungan dengan informational teks yang ditujukan Siswa menengah pertama (SMP). Strategi ini bertujuan untuk memberikan pengaruh yang baik terhadap pencapaian pemahaman membaca (Reading Comprehension) siswa dalam teks Deskriptif.Dalam penerapan startegi kombinasi ini, pada awalnya guru memberikan gambar,  daftar istilah atau kosa kata dari bacaan kepada siswa. Kemudian siswa menempatkan atau mengurutkan kata-kata kedalam kategori yang berbeda berdasarkan makna dari setiap kata itu. Guru meminta siswa membrainstorming daftar kata dari bacaan atau teks selanjutnya. Siswa kemudian mendiskusikan setiap kata dan menempatkannya dalam kategori yang benar. Setelah itu guru menjelaskan tentang tujuan Choral Reading dan memberikan teks kepada siswa. Kemudian guru membaca teks tersebut dengan suara yang lantang dan jelas dan menyuruh siswa mengikutinya dalam hati. Kemudian guru meminta siswa untuk membaca teks tesebut secara bersama-sama dengan keras. Dengan strategi diatas, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan kosa kata dan  pemahaman siswa tentang teks yang mereka baca.  Stategi ini juga dapat membantu membangun kefasihan siswa dan kepercayaan diri siswa dalam membaca.

Copyrights © 2014