Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Wisuda Ke 48 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahas Inggris

AT EIGHTH GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL

Apriyanti, Dwi (Unknown)
Riza, Armilia (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

ABSTRAKArtikel ini ditulis bertujuan untuk membantu mengatasi salah satu dari sekian banyak permasalahan yang ada di dalam pengajaran menulis (Writing) pada siswa sekolah menengah pertama (SMP). Selain itu, artikel ini ditujukan sebagai masukan kepada guru-guru bidang studi bahasa Inggris yang mengajar di sekolah dalam melaksanakan pengajaran menulis sehingga siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar dengan baik. Dalam artikel ini penulis membahas bagaimana pengajaran writing  melalui penggabungan strategi Cubing dan Pick Organize Write Topic Reason Example Ending (POW TREE). Cubing adalah strategi yang dapat digunakan siswa untuk membantu mengembangkan ide ide dalam menulis melalui enam aspek yang berbeda. POW TREE adalah strategi yang memiliki dua bagian yang dapat membantu siswa untuk mengembangkan dan menuliskan ide yang telah ada ke dalam bentuk esai dan paragraph yang baik. Kombinasi antara kedua strategi tersebut efektif untuk digunakan dalam pengajaran terutama untuk menulis teks, karena memudahkan siswa untuk memahami dan menuangkan ide siswa setelah itu menuliskan ide tersebut ke dalam bentuk teks paragraph sehingga siswa dapat benar benar paham dengan bagaimana cara menulis teks yang baik didalam belajar bahasa Inggris.

Copyrights © 2014