ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari strategi pembelajaran LESSER (List, Examine, Select, Sentence, Expand, And Read) dalam pengajaran Bahasa Inggris khususnya Writing Achievement (peningkatan menulis). Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 3 KOTA SOLOK tahun ajaran 2013-2014. Sampel yang digunakan dalam melakukan eksperimen adalah kelas  sebagai kelas eksperimen dan  sebagai kontrol. Dalam penelitian, penulis mengajar kelas  dengan menggunakan strategi LESSER (List, Examine, Select, Sentence, Expand, And Read) dan   dengan menggunakan strategi Quick Write. Dari penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai posttest siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yang mana mean score kelas eksperimen adalah (72.97) dan standar deviasinya adalah (7.1) sedangkan mean score kelas kontrol adalah (66.13) dan standard deviasinya adalah (6.5). Dengan menggunakan rumus t dari Sudjana (2005) diperoleh nilai  sebesar (3.93) nilai ini lebih besar dari nilai  yang hanya (2.00). Dengan demikian, hypothesis () pada penelitian ini diterima sehingga disimpulkan bahwa strategi LESSER (List, Examine, Select, Sentence, Expand, And Read) dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Khususnya dalam Writing pada kelas XI IPA SMAN 3 Kota Solok tahun ajaran 2013-2014.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014