Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Wisuda Ke 48 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahas Inggris

TEACHING READING THROUGH COMBINING MIND EYE AND QAR STRATEGY TOWARD STUDENTS READING COMPREHENSION AT JUNIOR HIGH SCHOOL

Wulandari, Meci (Unknown)
Agusni, Agusni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

ABSTRAKPengajaran membaca merupakan salah satu keterampilan yang penting dalam Bahasa Inggris yang harus diajarkan oleh guru kepada siswa untuk memperoleh berbagai macam informasi.Akan tetapi, berdasarkan pengalaman penulis ketika melakukan praktek mengajar, penulis menemukan masalah yang datang dari guru juga dari murid. Masalah dari guru ialah, menggunakan strategi mengajar membaca yang kurang menarik perhatian siswa.Sedangkan masalah dari murid ialah, mereka tidak bisa menemukan aspek penting yang terdapat dalam teks dan tidak memahami materi. Berdasarkan masalah di atas, seorang guru harus kreatif untuk membuat pelajaran membaca menjadi lebih menyenangkan salah satunya dengan menerapkan strategi yang menarik dan tepat dalam pembelajaran membaca. Dalam makalah ini, penulis membahas tentang bagaimana pengajaran membaca melalui gabungan dua strategi yaitu Mind Eye dengan Question Answer Relationship. Dalam aplikasi dua strategi ini, penulis menggunakan strategi pertama yaitu Mind Eye sebagai strategi awal pembelajaran. Ada dua langkah yang di lakukan dalam strategi ini: pertama, siswa menulis keyword dari teks yang disebutkan oleh guru. Kedua, siswa membuat mental image dari keyword yang telah mereka tulis. Setelah itu, penulis menggunakan strategi yang kedua yaitu Question Qnswer Relatioship. Strategi ini dapat membantu siswa agar lebih mudah dan lebih paham dalam menjawab pertanyaan yang di berikan guru serta berdiskusi dengan teman sekelas. Terakhir,guru dan siswa bersama-sama mendiskusikan teks tersebut dan membuat kesimpulan. Akhirnya melalui penulisan makalah ini, penulis berharap bisa mencoba menerapkan cara baru untuk menggabungkan dua strategi dalam pengajaran membaca. Bagi siswa diharapkan, dapat menenukan aspek penting dalam teks dan memahami materi yang di berikan guru. 

Copyrights © 2014