Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Wisuda Ke 48 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahas Inggris

TEACHING READING ON NARRATIVE TEXT BY COMBINING TWO COLUMN NOTE WITH RIDER (READ, IMAGE, DESCRIBE, EVALUATE, REPEAT) STRATEGIES AT JUNIOR HIGH SCHOOL

Dafik, Ahmad (Unknown)
Sukandi, Syayid Sandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

adalah salah satu keterampilan dasar yang penting dalam Bahasa Inggris yang harus diajarkan oleh seorang guru kepada siswanya. Membaca merupakan proses untuk memahami isi dari sebuah teks. Maka dari itu penulisan makalah ini bertujuan untuk membantu guru dalam mengatasi salah satu permasalahan yang ada dalam pengajaran membaca (Reading) pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Selain itu makalah ini juga dimaksudkan untuk menjelaskan aplikasi strategi Two Column Note dan RIDER (Read, Image, Describe, Evaluate, Repeat) dalam pemahaman sebuah teks narrative agar menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa siswi dalam membaca teks Bahasa Inggris. Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana mengajarkan reading dengan menggabungkan dua strategi yaitu: Two Column Note dan RIDER (Read, Image, Describe, Evaluate, Repeat). Dalam aplikasinya, guru menggunakan Two Column Note dalam mengajarkan text narrative. Adapun langkah-langkah strategi ini guru memberikan kertas yang berisikan Two Column, kemudian guru membagi siswa dengan berpasangan atau small group, kemudian guru membimbing siswa agar mengisi Two Column yang sebelah kiri untuk main idea dari masing- masing paragraph dan untuk kolum sebelah kanan untuk detailnya. Kemudian strategy yang kedua yaitu RIDER, disini guru sebagai fasilitator untuk memandu siswa dalam membaca, menggambarkan, menceritakan, mengevaluasi dan mengulang untuk mempermudah siswa mendapatkan informasi dari teks. Dengan diterapkan strategi ini, siswa dapat meningkatkan pemahaman mereka dalam membaca. Hal ini juga diharapkan untuk tercapainya tujuan pembelajaran membaca pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). 

Copyrights © 2014