Penelitian ini didasarkan pada berkembangnya toko buku di Indonesia, khususnya di kabupaten Sidoarjo. Peneliti menggunakan BukuKurnas.id yang merupakan salah satu toko buku yang ada di Sidoarjo sebagai objek penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh BukuKurnas.id dengan menggunakan pendekatan analisis SWOT. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengambilan data wawancara mendalam (in depth interview) pada pemilik, karyawan, dan konsumen yang berkaitan dengan strategi pemasaran berdasarkan indikator bauran pemasaran 4P (product, price, place, promotion), observasi partisipatif, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menggunakan analisis SWOT dapat disimpulkan bahwa BukuKurnas.id Sidoarjo berada pada posisi kuadran I. Posisi ini merupakan situasi yang sangat menguntungkan dimana BukuKurnas.id dapat menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy). Strategi agresif yang diterapkan adalah dengan meningkatkan penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk.
Copyrights © 2021