Dewasa ini bisnis food and beverage semakin berkembang pesat. Khususnya usaha Cafe sudah banyak ditemui diberbagai daerah, oleh karena itu dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat menuntut setiap pemilik usaha Cafe untuk selalu tanggap dan menyesuaikan diri dalam menghadapi persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran yang digunakan oleh Cafe Rvang di Ketintang Surabaya dalam meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deksriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis SWOT. Untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat pada Cafe Rvang di Ketintang Surabaya, maka dilakukan analisis EFAS dan IFAS yang mencakup kekuatan dan kelemahan perusahaan, serta peluang dan ancaman bagi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Dari hasil analisis pada tabel IFAS, faktor kekuatan (strengths) mempunyai total nilai skor 1,90 , sedangkan kelemahan (weaknesses) mempunyai total nilai skor 0,90. (2) Dari hasil analisis pada tabel 4.3 EFAS, faktor peluang (opportunities) mempunyai total nilai skor 2,10 , sedangkan ancaman (threat) mempunyai total 0,70. Berdasarkan hasil penelitian dalam diagram SWOT, Cafe Rvang berada pada kuadran 1, ini merupakan situasi yang sangat menguntungkan. Cafe Rvang memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif. (growth oriented strategy).
Copyrights © 2021