Journal of Mathematics Education and Science
Vol. 5 No. 1 (2022): Journal of Mathematics Education and Science

Pemahaman Konsep Statistika Siswa Berdasarkan Teori APOS: Studi Kasus Kelas X MIPA

Rika Ayu Maharani (STKIP PGRI Sidoarjo)
Soffil Widadah (STKIP PGRI Sidoarjo)
Dewi Sukriyah (STKIP PGRI Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Pemahaman konsep matematika yang minim, menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika. Untuk dapat memahami materi dan dapat menyelesaikan masalah matematika maka siswa harus mampu menguasai konsep-konsep yang ada dalam matematika serta mampu untuk menerapkan konsep-konsepnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemahaman konsep matematika siswa SMA berdasarkan teori APOS dengan kemampuan matematika sedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah dua siswa SMA Muhammadiyah 3 Tulangan kelas X MIPA 3 yang mempunyai kemampuan matematika sedang. Pengambilan kedua subjek didasarkan pada hasil tes kemampuan matematika. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes: (1) tes kemampuan matematika (2) tes pemahaman konsep matematika dan metode wawancara. Keabsahan data penelitian diperoleh dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika berdasarkan teori APOS pada siswa berkemampuan matematika sedang hanya memenuhi satu indikator pemahaman konsep matematika yaitu, menyatakan ulang sebuah konsep dan hanya melalui satu tahapan teori APOS yaitu, tahap Aksi. Pada siswa dengan kemampuan matematika sedang tidak memenuhi indikator mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsep, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika (tabel, grafik, atau diagram), dan menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu. Selain itu, juga tidak melalui tahapan Proses, Objek, dan Skema.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JaMES

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education and Science (JaMES) is a mathematical journal published biannually (April & October) by the Mathematics Educations Department, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro. Journal includes research papers, literature ...