Journal of Mathematics Education and Science
Vol. 5 No. 1 (2022): Journal of Mathematics Education and Science

Pengaruh Strategi Pembelajaran Scaffolding dengan Bantuan Bahan Ajar Macromedia Flash 8.0 Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa

Rori Imania (UIN Raden Intan Lampung)
Netriwati (UIN Raden Intan Lampung)
Novian Riskiana Dewi (UIN Raden Intan Lampung)
Yumn Jamilah (UIN Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yang pertama adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika pada kelas yang menerapkan strategi pembelajaran Scaffolding berbantuan bahan ajar Macromedia Flash 8.0 dengan kelas yang menerapkan strategi pembelajaran konvensional. Kedua, perbedaan kategori siswa yang mempunyai kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Ketiga, interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Metode penelitian ini adalah kuantitaf, dengan jenis penelitian Quasy Experiment, serta menggunakan desain penelitian 23 uji hipotesis ANOVA dua arah sel tak sama. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kasui kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Hasil penelitian diperoleh H0A diterima dengan nilai  sig=0,082>?=0,05, H0B diterima dengan nilai sig=0,650>?=0,05 dan H0AB diterima dengan nilai sig=0,794>?=0,05. Berdasarkan uji ANOVA tersebut diperoleh hasil bahwa tidak terdapat perbedaan antara hasil pemahaman konsep matematika kelas yang menerapkan strategi pembelajaran scaffolding berbantuan bahan ajar macromedia flash 8.0 dengan kelas yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Tidak terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Serta tidak terdapat interaksi antara strategi dan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JaMES

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education and Science (JaMES) is a mathematical journal published biannually (April & October) by the Mathematics Educations Department, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro. Journal includes research papers, literature ...