Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 7, No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1 Edisi April 2022

PENGARUH TEKNIK SELF INSTRUCTION TERHADAP KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA

I Made Sonny Gunawan (Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika)
Baiq Alda Sofya Farliyani (Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2022

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik self instruction terhadap kecanduaan game online. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan model pre-eksperimen one group pre-test post-test design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 orang siswa kelas VIII yang memiliki tingkat kecanduan game online dengan katagori yang tinggi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dalam bentuk kuesioner hasil pengembangan yang dilakukan oleh peneliti berdasarkan indikator dari variabel penelitian. Data yang sudah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan uji t-tes. Bedasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa teknik self instruction memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penurunan tingkat kecanduan game online pada siswa.Kata kunci: Teknik self instruction, kecanduan, game online

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...