COPING (Community of Publishing in Nursing)
Vol 10 No 2 (2022): April 2022

PENGARUH STORY TELLING TENTANG KESIAPAN MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI TERHADAP SELF EFFICACY ANAK PRASEKOLAH

Ririnisahawaitun Ririnisahawaitun (Unknown)
Sasteri Yuliyanti (Unknown)
Baiq Fina Farlina (Unknown)
Hariawan Junardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Indonesia terletak di kawasan cincin api Pasifik yang berpotensi tinggi terhadap bencana alam, seperti gempa bumi. Anak-anak merupakan populasi yang rentan menjadi korban jiwa. Self efficacy dibutuhkan agar anak memiliki kemampuan dalam bertindak saat terjadi bencana. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan self efficacy anak adalah dengan story telling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh story telling tentang kesiapan menghadapi bencana gempa bumi terhadap self efficacy anak prasekolah. Penelitian ini adalah penelitian pre experiment, dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anak di PAUD Tulus Ikhlas Al Habibi Desa Batuyang Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur sebanyak 60 orang yang ditentukan dengan total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner self efficacy yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Intervensi dalam penelitian ini berupa story telling menggunakan media boneka tangan. Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat pengaruh story telling tentang kesiapan menghadapi bencana gempa bumi terhadap self efficacy anak (p value = 0,000).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

coping

Publisher

Subject

Education Health Professions Nursing Public Health

Description

COPING (Community of Publishing in Nursing) adalah E-Jurnal Keperawatan yang diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. E-Jurnal keperawatan ini akan menjadi salah satu wahana pengembangan Evidence Based Nursing dalam pengembangan dan update ...