EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan
Vol 5, No 1 (2021): EDUCHILD MEI 2021

PERSPEKTIF GURU TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI

Shinta Mutiara (Universitas Islam Nusantara)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2021

Abstract

Matematika saat ini menjadi salah satu hal kontroversi di dunia pendidikan anak usia dini karena ada pendapat yang mengatakan bahwa anak usia dini tidak diperbolehkan untuk diajarkan sebab hal tersebut merupakan pemaksaan dan anak belum siap menerima calistung. Praktek di PAUD di kelurahan Cibeunying, pelaksanaan pembelajaran matematika untuk anak usia dini mayoritas menggunakan paper-pencil methods dengan pendekatan teacher centered serta latihan terus menerus (drill). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dengan sumber data berjumlah 26 guru pendidikan anak usia dini serta berupa dokumentasi berupa RPPH dan portofolio. Mayoritas persepsi guru mengenai pembelajaran matematika yaitu matematika adalah pelajaran yang sulit, matematika adalah angka dan hitungan, matematika adalah hafalan, kurangnya pemahaman guru terhadap pembelajaran matematika dan kurangnya variasi metode/media dalam pembelajaran matematika anak usia dini. Mayoritas guru mengungkapkan keinginan dan kebutuhannya atas peningkatan wawasan dan keterampilan para guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran termasuk matematika dengan tujuan optimalisasi tumbuh kembang anak usia dini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

EDUCHILD

Publisher

Subject

Education

Description

Majalah Ilmiah Pendidikan EduChild Dini menerbitkan artikel penelitian, melaporkan studi lapangan, praktik terbaik dan kebijakan pembelajaran anak usia dini dan pendidikan sejenis di tingkat nasional dan internasional. Jurnal ini menerbitkan artikel peer-review yang meliputi kurikulum, program ...