JKJO
Vol. 1 No. 1 (2017): TERBITAN MEI 2017

IMPLEMENTASI PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM PEMBELAJARAN PENJAS UNTUK HASIL BELAJAR SISWA

Akhmad Olih Solihin (STKIP Pasundan Cimahi)
Dedi Supriadi (STKIP Pasundan Cimahi)



Article Info

Publish Date
01 May 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh dari implementasi pendekatan scientific terhadap hasil belajar siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Randomize Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah SMAN 1 Cimahi sebagai kelompok eksperimen dan SMAN 5 Cimahi sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket kreativitas untuk mengukur hasil belajar pada domain kognitif, angket situational interest untuk mengukur hasil belajar pada domain afektif dan test motor ability untuk mengukur hasil belajar pada domain psikomotor. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa: 1) Terdapat peningkatan yang signifikan antara skor pretest dan posttest hasil belajar penjas di SMA yang menggunakan model pembelajaran inkuiri; 2) Terdapat peningkatan yang signifikan antara skor pretest dan posttest hasil belajar penjas di SMA yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning; 3) Terdapat perbedaan pengaruh pada hasil belajar penjas di SMA dengan menggunakan pendekatan scientific.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JKJO

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Kependidikan Jasmani dan Olahraga adalah jurnal yang diterbitkan oleh PJKR STKIP NU Indramayu. Jurnal ini akan mempublikasi hasil penelitian tentang pendidikan jasmani dan olahraga yang sesuai dengan isu penting yang berhubungan dengan pendidikan jasmani dan olahraga yang ...