Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF)
Vol 2 No 1 (2021): April

Studi Analisis Hubungan Self-Efficacy dengan Hasil Belajar Fisika

Nurul Hayati (universitas mulawarman)
Muhammad Junus (Universitas Mulawarman)
Riskan Qadar (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan self efficacy yang dimiliki siswa dengan hasil belajarnya pada pembelajaran fisika sehingga mampu mengacu kepercayaan diri yang dimilikinya dan bisa menyelesaikan segala tugas yang diberikan disekolah dengan baik. Jenis penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian Ex-Post Facto dengan melihat adanya korelasi self efficaccy terhadap hasil belajar fisika dengan melewati tiga tahapan. Bentuk penelitian ini dipilih sebab menggunakan satu kelompok subjek populasi yang sekaligus menjadi sampel ini merupakan siswa kelas X SMK Negeri 6 Samarinda jurusan teknik pengelasan yang berjumlah sebanyak 34 siswa . pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir dan angket sebanyak 20 pertanyaan untuk mendapatkan hasil dalam melihat hubungan antara self efficacy dengan hasil belajar fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara self efficacy seorang siswa terhadap hasil belajarnya dengan melihat rentang nilai coefficcient bootstrap yang berada pada kutub yang sama yaitu nilau upper -0,125 dan lower -0,848 beraada pada kutub negatif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JLPF

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF) is devoted to short communications, full-length research papers, and feature articles on studies or literature reviews in science education, especially physics education. This journal intended to be the media in spreading and communicating technological ...