Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF)
Vol 2 No 1 (2021): April

Pengaruh Respon Model Discovery Learning Berbasis Media Aplikasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Veronika Mebang (Universitas Mulawarman)
Laili Komariyah (Universitas Mulawarman)
Zeni Haryanto (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan respon model pembelajaran discovery learning berbasis media aplikasi di SMA Negeri 11 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksprimental dengan desain yang digunakan dalam penelitian adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel penelitian ini yaitu Purposive Sampling dengan sampel kelas X Mipa sebanyak 38 orang. Pengambilan data penelitian ini menggunakan tes awal dan tes akhir yang kemudian di analisis menggunakan N-Gain serta menganalisis angket respon. Hasil analisis diperoleh N-Gain sebesar 0,34 termasuk dalam kriteria sedang. Hasil analisis angket menunjukan bahwa siswa memberikan respon yang baik. Respon siswa yang memberikan tanggapan cukup baik sebesar 23,6%, dan tanggapan baik sebesar 76,3%. Hasil uji regresi didapatkan t hitung sebesar 7,167 untuk nilai t tabel sebesar 2,028. Berdasarkan nilai R square sebesar 0,588 menunjukan bahwa 58,80% berarti ada pengaruh respon model discovery learning berbasis media aplikasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JLPF

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF) is devoted to short communications, full-length research papers, and feature articles on studies or literature reviews in science education, especially physics education. This journal intended to be the media in spreading and communicating technological ...