Publikasi Pendidikan
Vol 8, No 3 (2018)

Peningkatan Literasi dengan Strategi The Cognitive Academic Language Learning Approach (CALLA) di Ruang Baca Tanah Ombak dan Lentera Kuning

Witri Annisa (Universitas Bung Hatta Padang)
Rio Rio Rinaldi (Universitas Bung Hatta Padang)
Ade Fitri Rahmadani (Universitas Bung Hatta Padang)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2018

Abstract

Salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan minat baca adalah membudayakan kegiatan literasi dikalangan anak-anak. Upaya yang dapat dilakukan adalah menyediakan sarana dan prasarana literasi anak. Beberapa komunitas di masyarakat di Kota Padang sudah mencanangkan budaya literasi, diantaranya Komunitas Tanah Ombak dan Komunitas Lentera Kuning. Komunitas Tanah Ombak sebagai mitra 1 dan Komunitas Lentera Kuning sebagai mitra 2 sudah mencangkan budaya literasi dengan menyediakan sarana perpustakaan. Buku-buku diperpustkaan banyak dibaca anak-anak, tetapi kegiatan membaca tersebut hanya untuk bermain. Kegiatan membaca akan lebih bermakna jika dikaitkan dengan pengetahuan sehingga dapat menunjang kemampuan akademik anak-anak Tanah Ombak dan Lentera Kuning. Metode yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi mitra dilakukan dengan pembinaan kegiatan membaca yang bermakna dengan menerapkan strategi Cognitive Academic Language Learning Approach (CALLA). Hasil dari kegiatan tersebut cukup baik, yaitu adanya peningkatan rata-rata kemampuan membaca pemahaman dari sebelum dan sesudah dilaksanakan kegiatan literasi dengan Strategi CALLA.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...