Student Journal of Guidance and Counseling
Vol 1 No 1 (2021): Volume 1 Nomor 1 (Oktober 2021)

Pelayanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa di Masa Covid 19

Jumadi Mori Salam Tuasikal (Universitas Negeri Gorontalo)
Rena Madina (Universitas Negeri Gorontalo)
Mohamad Rizal Pautina (Universitas Negeri Gorontalo)
Salim Korompot (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2021

Abstract

Bimbingan dan konseling sosial di sekolah memiliki tugas penting dalam mengoptimalkan kemampuan siswa, salah satu keterampilan sosial yaitu interaksi sosial Tujuan dari penelitian ini untuk menguji hubungan pelaksanaan bimbingan dan konseling sosial dengan kemampuan interaksi sosial. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif korelasional dan angket sebagi instrumen pengumpul data. Populasi penelitian adalah siswa SMA Se Kota Gorontalo dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 180 siswa dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dengan mengunakan model skala Likert. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Pearson Correlation. Temuan penelitian memperlihatkan nilai r = 0,536 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa terdapat hubungan pelaksanaan bimbingan konseling sosial secara signifikan terhadap interaksi sosial siswa, maka dengan ini hipotesis penelitian diterima.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sjgc

Publisher

Subject

Education

Description

Student Journal of Giudance and Counseling; Menerbitkan naskah asli yang berkaitan dengan hal-hal berikut: Konseling Sekolah, Psikologi Konseling, Konseling Karir, Konseling Keluarga dan Konseling Pranikah, Kesehatan Mental, Konseling Supervisi, Pengembangan Teori, Kode Etik Profesi Konselor, Isu ...