cover
Contact Name
Mohamad Rizal Pautina
Contact Email
SJGC@ung.ac.id
Phone
+6282394278327
Journal Mail Official
SJGC@ung.ac.id
Editorial Address
Department of Guidance and Counseling, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo - Gorontalo - Indonesia
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Student Journal of Guidance and Counseling
ISSN : -     EISSN : 28289129     DOI : https://doi.org/10.37411/sjgc
Core Subject : Education,
Student Journal of Giudance and Counseling; Menerbitkan naskah asli yang berkaitan dengan hal-hal berikut: Konseling Sekolah, Psikologi Konseling, Konseling Karir, Konseling Keluarga dan Konseling Pranikah, Kesehatan Mental, Konseling Supervisi, Pengembangan Teori, Kode Etik Profesi Konselor, Isu Multikultural dan Internasional Konseling, Penerapan Program Bimbingan dan Konseling, serta Konseling Islam.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 77 Documents
Pengembangan Buku Saku Manajemen Konflik Sebagai Media Bimbingan dan Konseling Sosial di SMKS Gotong Royong Gorontalo Asti Julia Mansi; Wenny Hulukati; Irvan Usman
Student Journal of Guidance and Counseling Vol 1 No 1 (2021): Volume 1 Nomor 1 (Oktober 2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.36 KB) | DOI: 10.37411/sjgc.v1i1.864

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya media mengenai cara yang digunakan oleh individu atau siswa untuk menghadapi pertentangan atau perselisihan antar dirinya dengan orang lain yang terjadi dikehidupan. Hal ini tentu akan berpengaruh pada layanan bimbingan dan konseling sosial disekolah dan kesiapan siswa dalam mengelola konflik dengan baik. Solusi yang tepat untuk mengatasi terbatasnya media bimbingan dan konseling sosial sebagai bahan bacaan siswa sekaligus sebagai sarana guru bimbingan dan konseling dalam menyampaikan pesan dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling sosial adalah dengan mengembangkan media berupa buku saku Manajemen Konflik untuk menunjang proses layanan bimbingan dan konseling sosial di sekolah. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu mengembangkan buku saku Manajemen Konflik sebagai media bimbingan dan konseling di SMA/SMK Sederajat. Prosedur penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono (2016:409) yang terdiri dari 10 tahapan, tetapi pengembangan ini hanya sampai pada tahap 5 untuk menghasilkan produk akhir buku saku, karena pada tahapan tersebut prodak sudah melakukan uji validasi ahli. Adapun langkah-langkah penelitian yang dilakukan sebagai berikut : (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validasi Desain ( Validasi Ahli); (5) Revisi Desain (Produk Akhir Buku Saku). Berdasarkan uji validasi ahli, meliputi ahli bahasa Indonesia, ahli bimbingan dan konseling dan ahli desain media maka buku saku Manajemen Konflik ini telah dapat digunakan sebagai media bimbingan dan konseling sosisal di SMA/SMK Sederajat.
Hubungan Antara Perfeksionisme Dengan Manajemen Waktu Dalam Mengerjakan Tugas Dikalangan Mahasiswa Jurusan BK FIP UNG Siti Robiatus Sarifah; Abdul Kadir Husain; Sukma Nurilawati Botutihe
Student Journal of Guidance and Counseling Vol 1 No 1 (2021): Volume 1 Nomor 1 (Oktober 2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.551 KB) | DOI: 10.37411/sjgc.v1i1.866

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana gambaran dari perfeksionisme dan manajemen waktu dalam mengerjakan tugas serta hubungan antara keduanya dikalangan mahasiswa jurusan BK FIP UNG?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari perfeksionisme dan manajemen waktu dalam mengerjakan tugas serta untuk mengetahui hubungan antara keduanyadikalangan mahasiswa jurusan BK FIP UNG”. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas yaitu perfeksionisme dan variabel terikat yaitu manajemen waktu. Subjek penelitian adalah mahasiswa jurusan BK FIP UNG yang berjumlah 48 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan ditarik secara random. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat korelasi yang signifikan antara variabel X (perfeksionisme) dengan variabel Y (manajemen waktu) dengan koefisien korelasi sebesar -0,478.Kesimpulannya bahwa hipotesis dalam penelitian ini terdapat hubungan yang negatif antara perfeksionisme dengan manajemen waktu dalam mengerjakan tugas dikalangan mahasiswa dapat diterima. Artinya, semakin tinggi perfeksionisme yang dimiliki mahasiswa maka semakin rendah manajemen waktu dalam mengerjakan tugas yang ia miliki. Penelitian ini memiliki kelemahan yaitu orientasinya hanya terbatas pada nilai dan hanya pada satu jurusan.
Pengembangan Buku Saku Kecerdasan Majemuk Sebagai Media Bimbingan dan Konseling Pribadi Pada Siswa SMP Negeri 1 Kota Gorontalo Rizal Hilala; Sukma Nurilawati Botutihe; Irvan Usman
Student Journal of Guidance and Counseling Vol 1 No 1 (2021): Volume 1 Nomor 1 (Oktober 2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (424.861 KB) | DOI: 10.37411/sjgc.v1i1.867

Abstract

Rizal Hilala, 2020. Pengembangan Buku Saku Kecerdasan Majemuk Sebagai Media Bimbingan dan Konseling Pribadi Pada Siswa SMP Negeri 1 Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Sukma Nurilawati Botutihe, M.Psi, Psikolog., dan Pembimbing II: Irvan Usman, S.Psi, M.Si. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah buku saku kecerdasan majemuk yang dapat digunakan sebagai media bimbingan dan konseling pribadi pada siswa SMP?”. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk buku saku kecerdasan majemuk sebagai media layanan bimbingan dan konseling pribadi pada siswa SMP. Model penelitian ini menggunakan model pengembangan Sugiyono metode Researh & Development (R&D). Buku Saku Kecerdasan Majemuk sebagai media bimbingan dan konseling pribadi pada siswa SMP berlatar belakang oleh kurangnya pemahaman siswa, orang tua dan guru tentang kecerdasan majemuk yang diperoleh dari hasil pengamatan dan observasi langsung yang dilakukan peneliti saat melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL II) di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo. Proses pengembangan buku saku kecerdasan majemuk ini dikembangkan menggunakan metode Researh & Development model Sugiyono yang terdapat tahapan-tahapan yang harus dilewati sehingga mendapatkan suatu produk yang telah dapat digunakan. Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah produk media bimbingan dan konseling pribadi yaitu “Buku Saku Kecerdasan Majemuk Sebagai Media Bimbingan dan Konseling Pribadi Pada Siswa SMP”. Buku Saku ini telah dapat digunakan oleh guru bimbingan dan konseling sebagai media untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang kecerdasan majemuk pada saat melaksanakan layanan bimbingan dan konseling pribadi kepada siswa, dengan materi yang mudah dipahami serta menarik untuk dibaca karena sudah melalui tahap uji validasi masing-masing oleh ahli yakni, ahli desain media, ahli bahasa dan ahli bimbingan dan konseling serta telah melalui uji coba produk yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling.
Pengembangan Aplikasi Berbasis Android “GC Services” sebagai Media Bimbingan dan Konseling Belajar pada Siswa di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo Israji Marhum; Wenny Hulukati; Salim Korompot
Student Journal of Guidance and Counseling Vol 1 No 1 (2021): Volume 1 Nomor 1 (Oktober 2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.637 KB) | DOI: 10.37411/sjgc.v1i1.869

Abstract

Kurangnya pengunaan aplikasi berbasis android sebagai media saat proses layanan bimbingan dan konseling, penggunaan media masih sebatas leaflet, buku saku, proyektor dan lain sebagainya. Masalah dalam bidang belajar merupakan bagian dari berbagai masalah yang dialami siswa. Solusi dalam meminimalisir masalah serta kurangannya penggunaan media aplikasi berbasis android sesuai dengan masalah-masalah belajar. Peneletian ini bertujuan mengembangkan produk aplikasi berbasis android “GC Services” sebagai media bimbingan dan konseling belajar pada siwa SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Prosedur penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono (2016:409) yang terdiri dari 10 tahapan, tetapi pengembangan ini hanya sampai pada tahap 6 untuk uji coba aplikasi berbasis android sebagai media bimbingan dan konseling, karena pada tahapan tersebut sudah melakukan uji kelayakan produk. Adapun langkah-langkah penelitian yang dilakukan sebagai berikut : (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validasi Desain ( Validasi Ahli); (5) Revisi Desain; (6) Uji Coba Produk Berdasarkan hasil penilaian ahli desain, ahli bahasa Indonesia, ahli materi bimbingan dan konseling, dan uji coba produk skala kecil pada siswa serta guru bimbingan dan konseling aplikasi berbasis android telah masuk dalam kategori sangat layak digunakan sebagai media bimbingan dan konseling belajar pada siswa SMP Negeri 4 Kota Gorontalo
Pelayanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa di Masa Covid 19 Jumadi Mori Salam Tuasikal; Rena Madina; Mohamad Rizal Pautina; Salim Korompot
Student Journal of Guidance and Counseling Vol 1 No 1 (2021): Volume 1 Nomor 1 (Oktober 2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.14 KB) | DOI: 10.37411/sjgc.v1i1.901

Abstract

Bimbingan dan konseling sosial di sekolah memiliki tugas penting dalam mengoptimalkan kemampuan siswa, salah satu keterampilan sosial yaitu interaksi sosial Tujuan dari penelitian ini untuk menguji hubungan pelaksanaan bimbingan dan konseling sosial dengan kemampuan interaksi sosial. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif korelasional dan angket sebagi instrumen pengumpul data. Populasi penelitian adalah siswa SMA Se Kota Gorontalo dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 180 siswa dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dengan mengunakan model skala Likert. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Pearson Correlation. Temuan penelitian memperlihatkan nilai r = 0,536 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa terdapat hubungan pelaksanaan bimbingan konseling sosial secara signifikan terhadap interaksi sosial siswa, maka dengan ini hipotesis penelitian diterima.
Hubungan Prestasi Belajar dengan Harmonisasi Guru dan Orang Tua Peserta Didik Idriani Idris; Sartin Harun; Rena Madina
Student Journal of Guidance and Counseling Vol 1 No 1 (2021): Volume 1 Nomor 1 (Oktober 2021)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.391 KB) | DOI: 10.37411/sjgc.v1i1.951

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan prestasi belajar dengan harmonisasi guru dan orang tua peserta didik kelas XI di SMA Negeri 4 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang terdiri dari 2 variabel yaitu variabel X (Harmonisasi Guru dan Orang tua peserta didik) dan variabel Y (Prestasi Belajar). Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Tehnik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi dan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 277 orang. Sampel penelitian berjumlah 34 siswa dengan pengambilan menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan yang positif antara Prestasi belajar ditinjau dari harmonisasi guru dengan orang tua peserta didik. Hasil pengujian persamaan regresi Yˆ= 52.57+0,18X, menunjukkan bahwa, setiap kenaikan satu unit skor harmonisasi guru dengan orang tua peserta didik dapat menaikkan skor prestasi belajar.
Harga Diri dan Hubungannya Dengan Perilaku Sosial Pada Siswa Abdul Kadir Husain; Murhima A. Kau; Siti Sarah Mokodompit
Student Journal of Guidance and Counseling Vol 1 No 2 (2022): Volume 1 Nomor 2 (April 2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (667.677 KB) | DOI: 10.37411/sjgc.v1i2.1010

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan antara Harga diri dengan Perilaku sosial pada Siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Telaga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data korelasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel bebas yang dianalisis yaitu harga diri menunjukkan hubungan yang sangat signifikan terhadap Perilaku sosial di SMP Negeri 1 Telaga, dengan asumsi faktor di luar daripada variabel-variabel yang diteliti dianggap konstan atau tidak berubah. Terdapat hubungan yang signifikan antara Harga diri dengan Perilaku sosial siswa di SMP Negeri 1 Telaga yang ditunjukkan dengan nilai korelasi 0.946 dan koefisien determinasi sebesar 0.895 yang berati bahwa ada kurang lbeih 89.5% variabel yag terjadi pada variabel perilaku sosial dapat dijelaskan oleh variabel harga diri dengan persamaan regresi Ŷ= 11.941+ 1.172X. Abstract The research aims to find out the correlation between self-esteem with social behavior of class VIII students at SMP Negeri 1 Telaga. The method used in this research is quantitative, whereas its data are analyzed by employing correlation data analysis. In reference to the research finding, it is discovered that the independent varible (self-esteem) that is analyzed indicates a highly significant correlation with the social behavior of student at SMP Negeri 1 Telaga. In addition, it is assumed that factors outside of variables studied are considered constant or do not change. Additionally, it also identifies a significant correlation between self-esteem with student social behavior at SMP Negeri 1 Telaga Jaya as it is notified by value of correlation for 0.946 and coefficent of determination for 0.895. The result signifies that 89.5% of social behavior variable can be elucidated by self-esteem variable with a regression equation of Ŷ = 11.941 + 1.172X
Games Kuartet Sebagai Media Bimbingan dan Konseling Untuk Meningkatkan Pemahaman Karakter Religius Siswa Achmad S. Pahroji Sofyani; Abdul Kadir Husain; Salim Korompot; Jumadi Mori Salam Tuasikal
Student Journal of Guidance and Counseling Vol 1 No 2 (2022): Volume 1 Nomor 2 (April 2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (699.031 KB) | DOI: 10.37411/sjgc.v1i2.1063

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini yakni bagaimana games kuartet sebagai media bimbingan dan konseling untuk meningkatkan pemahaman karakter religius siswa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan games kuartet sebagai media bimbingan dan konseling untuk meningkatkan pemahaman karakter religius siswa sekolah dasar. Motode penelitian yang digunakan yakni Reserch and Development model Sugiyono yang menguraikan tahap-tahap dalam metode penelitian dan pengembangan sebanyak sepuluh tahap penelitian dan pengembangan, namun dalam penelitian ini, peneliti membatasi sampai pada tahap uji coba produk dengan tanpa mengurangi esensi dari penelitian tersebut. Untuk mengetahui kepraktisan dan kelayakan media, peneliti melakukan validasi kepada ahli media, ahli bahasa, dan ahli bimbingan dan konseling guna melihat kelayakan dan meminta masukan sebelum nanti diujicobakan ke siswa sekolah dasar. Berdasarkan hasil uji coba produk pada siswa kelas tinggi (4-6) di Sekolah Dasar Negeri 12 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Menyatakan produk yang dibuat layak untuk dijadikan media bimbingan dan konseling untuk meningkatkan pemahaman karakter religius siswa sekolah dasar. The formulation of the problem in this study is how the quartet games as a medium of guidance and counseling to improve the understanding of students' religious character. This study aims to produce quartet games as a medium of guidance and counseling to improve understanding of the religious character of elementary school students. The research method used is the Sugiyono Research and Development model which describes the stages in the research and development method as many as ten stages of research and development, but in this study, the researchers limited it to the product trial stage without reducing the essence of the research. To find out the practicality and feasibility of the media, researchers validated media experts, linguists, and guidance and counseling experts to see the feasibility and asked for input before being tested on elementary school students. Based on the results of product trials on high grade students (4-6) at State Elementary School 12 Telaga Biru, Gorontalo Regency. Stating that the product made is feasible to be used as a medium of guidance and counseling to improve understanding of the religious character of elementary school students
Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Analisis Transaksional Terhadap Interaksi Sosial Siswa Nabila Absanah basalama; Wenny Hulukati; Idriani Idris; Mohamad Rizal Pautina
Student Journal of Guidance and Counseling Vol 1 No 2 (2022): Volume 1 Nomor 2 (April 2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.1 KB) | DOI: 10.37411/sjgc.v1i2.1105

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh gejala yang terjadi di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo yakni siswa tidak mau kerja kelompok, tidak menghargai orang lain, merendahkan dan menghina orang lain, melakukan kekerasan. Adapun tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok teknik analisis transaksional terhadap interaksi sosial siswa. Dari hasil penelitian ini diketahui tingkat interaksi sosial siswa kurang baik sebelum pelaksanaan konseling kelompok tetapi setelah dilakukan konseling kelompok teknik analisis transaksional bahwa mengalami peningkatan dengan kategori tinggi. Penelitian ini adalah penelitian Pra-Eksperimen dengan menggunakan desain penelitian “one group Pre-test and Post-test design”. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (konseling kelompok teknik analisis transaksional) dan variabel Y (interaksi sosial siswa) SMP Negeri 1 Kota Gorontalo. Subyek penelitian ini sebanyak 7 orang siswa yang ditetapkan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa teknik interaksi sosial. Dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung sebesar -0,960. Sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t0,975 (7)=2,570 Ternyata harga thitung memperoleh harga lain, atau thitung telah berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1. .Dengan demikian hipotesis yang berbunyi pengaruh konseling kelompok teknik analisis transaksional terhadap Kemampuan interaksi sosial siswa SMP Negeri 1 Kota Gorontalo, dapat diterima.
Hubungan Kontrol Sosial Guru Dengan Perilaku Hate Speech Siswa Lilis Ayu Wulandari Dalail Sudarman; Mardia Bin Smith; Meiske Puluhulawa
Student Journal of Guidance and Counseling Vol 1 No 2 (2022): Volume 1 Nomor 2 (April 2022)
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (912.504 KB) | DOI: 10.37411/sjgc.v1i2.1164

Abstract

ABSTRAK Lilis Ayu Wulandari, 2021. “Hubungan antara kontrol sosial guru dengan perilaku hate speech siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango”. Pembimbing I Dra. Mardia Bin Smith, S.Pd. M.Si dan Pembimbing II Meiske Puluhulawa, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah perilaku hate speech siswa di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kontrol sosial guru dengan perilaku hate speech siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi dan korelasi. Anggota populasi pada penelitian ini berjumlah 204 orang, sampel 102 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan penelitian ini ditemukan ada hubungan yang negatif kontrol sosial guru dengan perilaku hate speech. Hal ini tersebut dapat dilihat pada perhitungan korelasi product moment bahwa rhitung adalah -0,490. Berdasarkan koefisien determinasi diperoleh rxy = -0,490 dan rxy2 0,241. Uji signifikan korelasi memperoleh t = -5,6257, sedangkan dari daftar distribusi t taraf nyata 5% diperoleh t=1,66023. Ternyata harga thitung lebih besar dari tdaftar, atau harga thitung berada diluar daerah penerimaan Ho sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak. Artinya koefisien korelasi variabel X (kontrol sosial guru) dan Y (hate speech) adalah signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variansi yang terjadi pada perilaku hate speech dipengaruhi oleh kontrol sosial guru sebanyak 24,1%, sedangkan sisanya 75,9% dipengaruhi faktor yang tidak diungkap dalam x penelitian ini. ABSTRACT Lilis Ayu Wulandari, 2021. “The correllation between teachers’ social control and students’ hate speech behavior at Grade VIII of SMP Negeri 1 Kabila, Bone Bolango Regency. “The Principal Supervisor is Dra. Mardia Bin Smith, S.Pd., M.Si, and the Co-supervisor is Meiske Puluhulawa, S.Pd., M.Pd . The problem which becomes the focus of this research is students’ hate speech behavior at SMP Negeri 1 Kabila, Bone Bolango Regency. Therefore, the research aims to discover the correlation between teachers’ social control and students’ hate speech behavior. This research applis quantitatife correlation research where the data colecction technique used is a guestionnaire. Besides, the data analysis technique employed in this research is regression and correlation analysis. The research population is 204 people, while the samples are 102 people taken by random sampling technique. The research finding confirm that there is a negative correlation between teachers’ social control and hate speech behavir. This is perceptible from the calculation result of product-moment corellation, namely rcount is -0.490. In addition, the coefficient of determination obtains rxy of -0.490 and rxy2 of 0.241. The correlation significance test indicates the t-value of -5.6257, while the t distribution list at the significance level of 5% obtains the t-value of 1.66023. The price of tcount is higher than tlist, or in other words, the price of tcount is outside the acceptance area H0; thus, it can be concluded that H0 is rejected. This means that the correlation coeffisient of variable X (teachers’ social control and Y (hate speech) is significant. To sum up, 24,1% of hate speech behavior is influenced by teachers’ social control, while the remaining, 75.9% is influenced by factors that are not examined in this research. Keywords: Teachers’ social control, Hate speech behavior