Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo
Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(2), Juni 2020

Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Menggunakan Kirigami untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Genetik

Siti Anggraini (IAIN Samarinda)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2020

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui (1) konsep pengembangan perangkat pembelajaran materi genetik  dengan menggunakan  kirigami untuk siswa kelas XII program IPA dan (2) pengaruh implikasi perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu  silabus, RPP, LKPD, dan instrumen penilaian  menggunakan kirigami terhadap prestasi belajar  siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang  dilakukan  di SMAN 1 Bantur Kabupaten Malang pada tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian pengembangan menggunakan model 4D (four-D Model) yang terdiri dari; pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop) dan diseminasi  (dissemination). Produk dalam bentuk perangkat pembelajaran yang dihasilkan diuji validitasnya melalui beberapa tahap validasi yaitu (1)  validasi oleh ahli desain pembelajaran, (2) validasi oleh ahli bahasa; (3) validasi oleh praktisi pembelajaran, (4)  uji coba kelompok kecil, dan (5) uji coba utama.  Jenis data  yang diperoleh terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data yang dihimpun  yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa (1) setelah melalui uji validasi dan uji coba kelompok kecil, perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat valid sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran; (2) berdasarkan hasil uji coba utama diketahui bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu  silabus, RPP, LKPD, dan instrumen penilaian menggunakan kirigami dapat meningkatkan prestasi belajar  siswa dalam materi genetik.

Copyrights © 2020