Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 6 No 1 (2022)

Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Tipe STAD Dan Pembelajaran Tipe GI

Herlina, Meti (Unknown)
Lubis, Rukiah (Unknown)
Agustiana, Uci (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD (Student Team Achievement Division) dan model pembelajaran tipe GI (Group Investigation). Jenis penelitian ini adalah true experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa XI IPA yang berjumlah 133 orang, yang terbagi dalam tiga kelas, 2 kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Data analisis menggunakan uji One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD (Student Team Achievement Division) dan model pembelajaran tipe GI (Group Investigation). Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran GI (Group Investigation) lebih menarik dan lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran tipe STAD (Student Team Achievement Division) dan Kontrol.Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran tipe STAD, Pembelajaran tipe GI

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...