Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 6 No 1 (2022)

Penggunaan iSpring Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif

Firdha, Nisa (Unknown)
Zulyusri, Zulyusri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2022

Abstract

Media pembelajaran interaktif saat ini bukan lagi hal baru dalam dunia pendidikan. Berbagai pengembangan tentang media pembelajaran interaktif telah banyak dilakukan. Salah satu jenis aplikasi yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran interaktif adalah iSpring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) kelayakan/validitas media pembelajaran interaktif yang dikembangakan menggunakan iSpring, 2) respon yang diperoleh dari penggunaan media pembelajaran interaktif menggunakan iSpring, dan 3) hasil belajar setelah penggunaan media pembelajaran interaktif menggunakan iSpring. Penelitian ini menggunakan metode literature review terhadap beberapa skripsi dan artikel ilmiah dari penelitian terkait. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan mengidentifikasi data hasil penelitian-penelitian terdahulu yang sejenis untuk mengetahui kelayakan media, respon terhadap penggunaan media dan hasil belajar setelah menggunakan media. Kemudian, dilakukan analisis dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan menggunakan iSpring ini layak dikembangkan. Selain itu, pemanfaatan iSpring dalam pembuatan media pembelajaran interaktif juga meningkatkan motivasi serta respon dan hasil belajar siswa, karena dilengkapi gambar, audio, dan juga video.Keywords: Android, I-Spring, Media Pembelajaran Interaktif, Studi Literatur

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...