Prosiding Teknologi Pendidikan


KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

Ahyani, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2014

Abstract

Permasalahan pembelajaran sejarah yang ada saat ini sangat beragam antara lain kurangnya kemampuan berfikir kritis dalam proses pembelajaran sejarah. Hal ini berakibat pembelajaran sejarah menjadi membosankan dan tidak menarik. Untuk memecahkan masalah pembelajaran sejarah, guru merupakan salah satu komponen yang diandalkan karena guru sejarah sebagai ujung tombak yang langsung berhadapan dengan siswa dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran sejarah guru sebaiknya menggunakan pendekatan konstruktivisme dalam rangka melatih keterampilan berfikir kritis siswa. Di samping itu guru juga dapat menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik, misi dan tujuan pembelajaran sejarah, seperti model pembelajaran kooperatif. Dalam model pembelajaran kooperatif ini, siswa mempunyai kesempatan untuk mengembangkan keterampilan social dan kemampuan berfikir kritis,  dan bekerjasama dengan orang lain. Kata kunci: Kemampuan Berfikir, Pembelajaran Sejarah.

Copyrights © 2014