Prosiding Pendidikan Sains
Vol 1, No 1 (2014): Seminar Nasional Pendidikan Sains IV (SNPS IV 2014)

EFEKTIVITAS GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MEMPERBAIKI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA PADA MATERI SISTEM IMUN

-, Marjono - ( Pendidikan Biologi FKIP UNS)
Kholifah, Arifiana Nur ( Pendidikan Biologi FKIP UNS)
Kusumaningrum, Ratri - ( Pendidikan Biologi FKIP UNS)
Rinanto, Yudi - ( Pendidikan Biologi FKIP UNS)
Ramli, Murni - ( Pendidikan Biologi FKIP UNS)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan model Guided Discovery Learning (GDL) terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI pada materi sistem imun. Penelitian ini merupakan Quasi Experimental Research dengan desain penelitian Post-test Only with Non-equivalent Groups. Model pembelajaran yang dipergunakan adalah GDL dipadu dengan Concept Map, dan GDL tanpa Concept Map (CM). Sampel penelitian adalah siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar dan SMA N 6 Surakarta kelas X tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah cluster sampilng. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Metode tes dalam bentuk pilihan ganda dan uraian (essay) untuk mengukur pemahaman konsep disertai CRI (Certainty Response Index). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Guided Discovery Learning, baik yang dipadu dengan CM ataupun tidak belum efektif memperbaiki pemahaman konsep siswa. Pemahaman konsep siswa mencapai 54,27 (SMA Muhammadiyah), dan 55,45 (SMA 6 Surakarta) dari skor maksimal 100. Siswa masih mengalami miskonsepsi sebanyak 18,10% dan 34,91%. Miskonsepsi pada sistem imun terjadi pada sub materi mekanisme imun  

Copyrights © 2014