Jurnal Pendidikan dan Penciptaan Seni
Vol 2, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Penciptaan Seni - Mei

Penerapan Model Cooperative Learning Terhadap Karakter Kerjasama Siswa Pada Pembelajaran Seni Tari Di Kelas X UPT SMK Negeri 4 Banyuasin

Elisya Haqkiki (Universitas PGRI Palembang)
Rully Rochayati (Universitas PGRI Palembang)
Muhsin Ilhaq (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Cooperative Learning dapat berpengaruh terhadap karakter kerjasama siswa pada pembelajaran seni tari. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain one group pretest-posttes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ2 UPT SMK Negeri 4 Banyuasin. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling.  Sampel yang digunakan berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan  adalah analisis uji  normalitas dan uji hipotesis Paired Sample Test bantuan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model Cooperative Learning terhadap karakter kerjsama siswa pada pembelajaran seni tari yang dapat dilihat dari uji Paired Sample Test yang menunjukkan tingkat signifikasi sebesar 0,000 yang berarti 0,05 dengan thitung sebesar 29,609 yang berarti lebih besar dibandingkan dengan ttabel sebesar 2,042

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipsi

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Penciptaan Seni, is a source of scientific information and communication for academics, and educational reviewers, and art creators visuals, music, dance, and performance. The articles published are the results of research, and reports on the creative process of art creation ...