Pendidikan Bahasa Indonesia
No 1 (2014): Jurnal Wisuda Ke 48 Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI EKSPOSITORIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 16 PADANG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO-VISUAL

Setiawan, Iffan (Unknown)
Chan, Wirsal (Unknown)
Yusandra, Titiek Fujita (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2014

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini yaitu, siswa kurang terampil dalam mengidentifikasikan ide ke dalam bentuk tulisan narasi, dan kesulitan membedakan narasi ekspositoris dengan narasi sugestif. Belum adanya media yang digunakan dalam pembelajaran narasi menyebabkan tujuan pembelajaran belum tercapai dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 16 Padang menggunakan media audio-visual ditinjau dari aspek kesesuaian tema dengan pengembangan; urutan peristiwa (alur); dan latar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sampel penelitian ini yaitu kelas X1 sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 16 Padang menggunakan media audio-visual secara umum berada pada kualifikasi baik (82,08%). Jadi, kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas X SMA Negeri 16 Padang dengan menggunakan media audio-visual sudah tuntas karena KKM untuk bidang studi bahasa Indonesia di SMA Negeri 16 Padang adalah 75. 

Copyrights © 2014