Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan yang dihadapi siswa kelas X SMA Negeri 9 Sijunjung dalam kemampuan menulis karangan narasi sugestif masih kurang, yang menjadi kesulitan utama bagi siswa dalam menulis adalah mengembangkan ide atau gagasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi sugestif siswa kelas X SMA Negeri 9 Sijunjung dengan menggunakan teknik menyelesaikan cerita. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini siswa kelas X semester 1 SMA N 9 Sijunjung. Jumlah siswa yang terdaftar sebanyak 175 orang tersebar dalam 5 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sample random sampling atau secara acak. Sampel penelitian berjumlah 35 orang (20% dari populasi per kelas). hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan narasi sugestif siswa kelas X SMA Negeri 9 Sijunjung dengan menggunakan teknik menyelesaikan cerita, dapat disimpulkan kemampuan menulis karangan narasi berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 76.77 berada pada rentangan 76â85%.
Copyrights © 2014