Jambura Economic Education Journal
Vol 3, No 2 (2021): JULY 2021

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Maha Putra (UNIVERSITAS PELITA BANGSA)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh metode pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) dan pemecahan masalah (Probelm Solving) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain eksperimen non equivalent group design. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI IIS dengan tiga kelas, dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol yang masing-masing menggunakan metode inkuiri terbimbing, pemecahan masalah, dan metode ceramah. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing lebih efektif dibandingkan dengan metode pemecahan masalah dan ceramah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Implikasinya adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dapat ditingkatkan melalui penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan pemecahan masalah. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jej

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

The Jambura Economic Education Journal (JEEJ) aims to help researchers, students and lecturers publish their works for public audiences and find new connections. The Jambura Economic Education Journal (JEEJ) considers original research articles and reviews articles in the field of research on ...